SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK TAMANSISWA PURWOREJO
STATUS :
TERAKREDITASI
Kompetensi Keahlian :
1.
Teknik
Instalasi Tenaga Listrik
2.
Teknik
Pemeliharaan Mekanik Industri
3.
Teknik
Komputer dan Jaringan
4.
Teknik
Permesinan
Alamat : Jalan Jend. Ahmad Yani No.8 Telp./ Fax (0275)
322590 Purworejo 54171
Kedu – Jawa Tengah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GANJIL
TAHUN 2012/2013
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS : XI
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami Konsep Larutan (18 Jam)
2. Memahami Konsep Redoks Dan Elektrokimia (8 Jam)
3. Memahami Larutan Sejati, Koloid, dan
Suspensi
(8 Jam)
GURU MATA
PELAJARAN : Ki Edy Riwayat, S.Si
NUPTK :
-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep
Larutan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi dan Mengklasifikasi Berbagai Larutan
Indikator
1. Pengertian larutan sebagai campuran yang homogen
dideskripsikan dengan jelas
2. Pengertian larutan biner sebagai larutan yang hanya terdiri atas zat
terlarut dan pelarut dideskripsikan dengan benar
3. Pengelompokkan jenis-jenis larutan menjadi larutan
elektrolit dan non elektrolit dengan benar
4. Pengelompokkan jenis-jenis larutan menjadi larutan asam dan
basa
dengan benar
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian larutan sebagai campuran yang homogen dengan benar
2.
Menjelaskan
pengertian larutan
biner sebagai larutan yang hanya terdiri atas zat terlarut dan pelarut
dengan benar
3.
Mengelompokkan
jenis-jenis larutan menjadi larutan elektrolit dan non elektrolit
dengan benar
4.
Mengelompokkan
jenis-jenis larutan menjadi larutan asam dan basa dengan benar
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Larutan elektrolit dan non elektrolit
2.
Larutan asam dan basa
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat
pengetahuan : pengertian larutan
4.
Motivasi : dengan menunjukkan cara nelayan mencari ikan di sungai.
5.
Masalah
: menanyakan pada siswa tentang kaitan
antara larutan dan campuran.
6.
Mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar dan
tujuan
|
15”
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
1.
Menggali informasi tentang pengertian larutan / campuran homogen.
2.
Menggali informasi tentang larutan biner.
3.
Menggali informasi tentang pengelompokkan jenis-jenis larutan
menjadi larutan elektrolit dan non elektrolit
4. Menggali informasi tentang pengelompokkan
jenis-jenis larutan menjadi larutan asam dan basa
Elaborasi
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada pada modul.
Konfirmasi
Membahas
soal-soal yang telah diberikan
|
70”
|
Kegiatan
akhir
|
Memberikan tugas latihan soal dan tugas baca di rumah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
5”
|
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi Kimia
:\Kingston\Edy\Materi
Pembelajaran\ Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
:\Kingston\Edy\Materi
Pembelajaran\ Teori Asam Basa Arhenius dan pH Asam Basa
6.
Laptop
dan LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 2 dan 3
Alokasi Waktu : 4 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep
Larutan
Kompetensi Dasar : Memahami Sifat Koligatif
Larutan
Indikator
1. Pengertian
dan jenis sifat koligatif larutan dideskripsikan dengan jelas
2. Pengertian
sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit dideskripsikan
dengan jelas
3. Tekanan
uap jenuh larutan ditentukan dengan benar
4. Titik
beku larutan elektrolit dan non elektrolit ditentukan dengan benar
5. Titik
didih larutan elektrolit dan non elektrolit ditentukan dengan benar
6. Tekanan
osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit ditentukan dengan benar
7. Sifat
koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit dibedakan dengan jelas
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Mendeskripsikan pengertian dan jenis
sifat koligatif larutan dengan jelas
2.
Mendeskripsikan pengertian sifat
koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit dengan
jelas
3.
Menentukan tekanan uap jenuh larutan
dengan benar
4.
Menentukan titik beku larutan elektrolit
dan non elektrolit dengan benar
5.
Menentukan titik didih larutan
elektrolit dan non elektrolit dengan benar
6.
Menentukan tekanan osmosis larutan
elektrolit dan non elektrolit dengan benar
7.
Membedakan sifat koligatif larutan
elektrolit dan non elektrolit dengan jelas
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
Sifat koligatif
larutan
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi,
Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa dan presensi siswa
2. Mengemukakan
tujuan belajar
3. Apersepsi: mengingatkan tentang pengertian larutan elektrolit
Motivasi: menyajikan beberapa
pertanyaan antara lain :
-
Pengertian sifat koligatif larutan
-
Macam-macam sifat koligatif larutan
-
Pengertian tekanan osmosis larutan
Masalah :
-
Bagaimana cara menghitung sifat koligatif
larutan elektrolit dan non elektrolit
-
Bagaimana cara menghitung tekanan
osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit
|
2 x 15”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi :
1.
Menggali informasi tentang pengertian dan jenis sifat
koligatif larutan
2.
Menggali informasi tentang pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan
larutan elektrolit
3.
Menjelaskan
pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4.
Menghitung
tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan
5.
Mengamati penurunan
titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
6.
Menghitung
penurunan titik beku larutan
elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
7.
Mengamati
kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui
percobaan
8.
Menghitung
kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data
percobaan
9.
Menjelaskan
pengertian osmosis dan tekanan osmosis
10.
Menghitung
tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit
11.
Menganalisis data
percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non
elektrolit
Elaborasi :
1. Mengerjakan soal tekanan uap larutan
2. Mengerjakan
soal penurunan titik beku
3. Mengerjakan
soal kenaikan titik didih
4. Menghitung tekanan osmosis larutan
Konfirmasi :
1.
Menyamakan persepsi
siswa tentang sifat koligatif larutan
2.
Membahas soal-soal
yang telah diberikan
|
2 x 65”
|
Kegiatan
Akhir
|
Memberikan tugas
latihan soal dan tugas baca materi selanjutnya
|
2 x 10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi Kimia
:\Kingstone Edy\Materi Pembelajaran\
Sifat Koligatif Larutan
6.
Laptop
dan LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu : 6 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep
Larutan
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Teori Asam
Basa Dengan Menentukan Sifat
Larutan Dan Menghitung pH Larutan Dan
Hidrolisis Garam
Indikator
1.
Pengertian asam dan basa menurut Arrhenius dideskripsikan
dengan benar
2.
Pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
dideskripsikan dengan benar
3.
Persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan
menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
4.
Pengertian asam dan basa menurut Lewis dideskripsikan dengan
benar
5.
Zat asam dan basa menurut teori Lewis ditentukan dengan
benar
6.
Sifat larutan asam dan basa diidentifikasi dengan benar
7.
Pengertian derajat Keasaman (pH) dideskripsikan dengan
benar
8.
Derajat Keasaman (pH) ditentukan dengan benar
9.
Derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
dideskripsikan dengan benar
10.
Derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
ditentukan dengan benar
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
2.
Mendeskripsikan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
3.
Menuliskan
persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan
menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
4.
Mendeskripsikan pengertian asam dan basa menurut Lewis
5.
Menentukan
zat asam dan basa menurut teori Lewis
6.
Mengidentifikasi
sifat larutan asam dan basa.
7.
Mendeskripsikan pengertian derajat Keasaman (pH)
8.
Menentukan
derajat Keasaman (pH)
9.
Mendeskripsikan derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
10.
Menentukan
derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Teori
asam basa
2.
Identifikasi
asam basa
3.
Derajat
keasaman (pH)
4.
Derajat
ionisasi tetapan asam dan basa
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi, Eksperimen dan Tanya
Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa dan presensi siswa
2. Mengemukakan
tujuan belajar
3. Apersepsi: mengingatkan tentang pengertian larutan elektrolit
Motivasi: menyajikan beberapa
pertanyaan antara lain :
-
Pengertian asam dan basa
-
Sebutkan contoh larutan asam dan basa
Masalah :
-
Bagaimana pengertian asam-basa menurut
Arrhenius ?
-
Bagaimana reaksi ionisasi asam-basa Arrhenius?
-
Bagaimana penggolongan reaksi
asam-basa berdasarkan rumus kimia dan kekuatan asamnya ?
-
Bagaimana cara penentuan harga
konsentrasi ion H+ dan OH- dalam larutan asam dan basa?
|
3 x 15”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi :
1.
Menggali informasi tentang penertian asam dan basa menurut Arrhenius
2.
Menggali informasi tentang pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
3.
Menuliskan
persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan
pasangan asam dan basa konjugasinya
4.
Menggali informasi tentang pengertian asam dan basa menurut Lewis
5.
Menentukan zat
asam dan basa menurut teori Lewis
6.
Mengidentifikasi
sifat larutan asam dan basa melalui percobaan
7.
Menggali informasi tentang pengertian derajat Keasaman (pH)
8.
Menentukan
derajat Keasaman (pH)
9.
Menggali informasi tentang derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
10.
Menentukan
derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
Elaborasi :
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Modul
Konfirmasi :
Menyamakan persepsi tentang pokok bahasan yang
telah dilalui
|
3 x 65”
|
Kegiatan
Akhir
|
Memberikan wacana
tentang cara penentuan harga derajat keasaman suatu larutan melalui percobaan
|
3 x 10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Alat dan Bahan Praktikum
6.
Software Presentasi Kimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\ Asam Basa dan pH Larutan
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\ pH Meter
7.
Laptop
dan LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu : 6 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep
Larutan
Kompetensi Dasar : Menggunakan Satuan
Konsentrasi Dalam Membuat Larutan
Indikator
1.
Demonstrasi tentang kemampuan suatu zat
melarut diamati dengan teliti
2.
Pengertian konsentrasi dideskripsikan
dengan jelas
3.
Pengertian satuan konsentrasi dideskripsikan dengan jelas
4.
Konsentrasi suatu larutan ditentukan
dengan benar
5.
Pembuatan larutan sesuai konsentrasi
yang diinginkan dilakukan dengan benar
6.
Pengertian titrasi asam dan basa
dideskripsikan dengan jelas
7.
Konsentrsai asam basa dengan titrasi
ditentukan dengan benar
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mengamati demonstrasi tentang kemampuan suatu zat melarut dengan teliti
2.
Mendeskripsikan pengertian konsentrasi dengan jelas
3.
Mendeskripsikan pengertian satuan konsentrasi dengan
jelas
4.
Menentukan
konsentrasi suatu larutan dengan benar
5.
Membuat larutan sesuai satuan konsentrasi yang diinginkan
6.
Mendeskripsikan pengertian titrasi asam basa
dengan benar
7.
Menentukan
konsentrasi asam basa dengan titrasi
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
8.
Konsentrasi dan satuan konsentrasi
9.
Titrasi asam basa
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi, Eksperimen, Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi
siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat pengetahuan : pengertian larutan,
konsentrasi, konsep mol, titrasi asam basa
4.
Motivasi : satuan konsentrasi merupakan suatu hal
yang harus dipahami dalam kompetensi larutan, kemampuan dalam membuat
konsentrasi larutan yang sesuai dengan tuntutan percobaan adalah mutlak
diperlukan dalam melakukan percobaan
5.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang berhubungan dengan konsentrasi
larutan, penentuan berbagai konsentrasi larutan sesuai dengan diinginkan
apakah dapat dilakukan dengan benar
|
2 x 10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Menggali informasi tentang satuan konsentrasi
2. Menggali informasi tentang cara membuat konsentrasi larutan
Elaborasi
1. Menghitung konsentrasi larutan
2. Membuat larutan sesuai dengan konsentrasi yang diinginkan
3. Menentukan konsentrasi asam basa berdasarkan data pada titrasi asam basa
Konfirmasi
Mengamati dan menuliskan data yang diperoleh
|
2 x 70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Mengerjakan soal-soal latihan
|
2 x 10”
|
Pertemuan
ke 9 : evaluasi/ uji kompetensi.
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Alat dan Bahan Praktikum
6.
Software Presentasi Kimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Konsentrasi Larutan
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Stoikiometri
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Titrasi Asam Basa
7.
Laptop
dan LCD Proyektor
VI.
PENILAIAN
A. Prosedur
:
1. Penilaian hasil belajar
2. Penilaian bersifat individual
3. KKM : 70
4. Bentuk soal : esay
5. Durasi waktu : 45 menit
B.
Instrumen
Penilaian
Butir-butir
soal, kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi,
dan pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Larutan
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 10, 11, 12, dan 13
Alokasi Waktu : 8 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep
Redoks Dan Elektrokimia
Kompetensi Dasar : Menerapkan Konsep Reaksi
Redoks Dan Elektrokimia
Indikator
1.
Hukum Faraday dideskripsikan dengan
jelas
2.
Massa zat berdasarkan hukum Faraday
ditentukan dengan benar
3.
Potensial elektroda berdasarkan sel
Volta dan Galvani ditentukan dengan benar
4.
Pengertian tentang elektrokimia dan
kegunaannya dideskripsikan dengan jelas
5.
Reaksi elektrolisis dan kegunaannya
dideskripsikan dengan jelas
6.
Terjadinya korosi dan pencegahannya
dideskripsikan dengan jelas
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi
kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan Hukum Faraday dengan jelas
2.
Mentukan massa zat berdasarkan Hukum Faraday dengan
benar
3.
Menentukan potensial elektroda berdasarkan sel Volta dan Galvani dengan benar
4.
Mendeskripsikan pengertian tentang elektrokimia dan kegunaannya dengan benar
5.
Memahami reaksi elektrolisis dan kegunaannya
6.
Mendeskripsikan terjadinya korosi dan pencegahannya dengan
jelas
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Hukum
Faraday
2. Sel
Volta dan Galvani
3. Elektrokimia
4. Konsep
dasar elektrokimia
5. Aplikasi
proses elektrokimia
6. Reaksi
elektrolisis
7. Korosi
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi,
Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi
siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat pengetahuan : pengertian elektrokimia
4.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang berhubungan dengan elektrokimia,
elektrolisis, korosi pada logam
|
3 x 10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1.
Menggali informasi tentang Hukum Faraday
2.
Menentukan
massa zat berdasarkan Hukum faraday
3.
Menentukan
potensial elektroda berdasarkan sel Volta dan Galvani
4.
Menggali informasi tentang pengertian elektrokimia dan
kegunaannya.
5.
Memahami
reaksi elektrolisis dan kegunaannya
6. Menggali
informasi tentang terjadinya korosi dan
pencegahannya
Elaborasi
Mengerjakan soal pada Modul
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang elektrokimia, mengkoreksi hasil pekerjaan
siswa
|
3 x 70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Tugas
baca dan latihan soal
|
3 x 10”
|
Pertemuan ke 13 :
evaluasi/ uji kompetensi
V.
ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Alat dan Bahan Praktikum
6.
Software Presentasi Kimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\ Elektrokimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\
7.
Laptop
dan LCD Proyektor
VI.
PENILAIAN
A. Prosedur
:
1. Penilaian hasil belajar
2. Penilaian bersifat individual
3. KKM : 70
4. Bentuk soal : esay
5. Durasi waktu : 45 menit
B.
Instrumen
Penilaian
Butir-butir
soal, kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi,
dan pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Elektrokimia
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 14
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Larutan
Sejati, Koloid, Dan Suspensi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Larutan
Sejati, Koloid, Dan Suspensi
Indikator
1.
Pengelompokkan campuran menjadi larutan,
koloid, dan suspensi dijelaskan dengan benar
2.
Perbedaan larutan, Koloid, dan suspensi berdasarkan sifat campurannya, fasenya dan ukuran partikelnya dideskripsikan
dengan jelas
3.
Pembuatan koloid dapat dengan cara kondensasi, dispersi,
dan atau gabungan dari keduanya, dideskripsikan dengan jelas
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengelompokkan campuran
menjadi larutan, koloid, dan suspensi dengan benar
2.
Mendeskripsikan perbedaan larutan, koloid,
dan suspensi berdasarkan sifat campurannya,
fasanya dan ukuran partikelnya dengan jelas
3.
Mendeskripsikan pembuatan koloid dapat dengan cara kondensasi,
dispersi,
dan atau gabungan dari keduanya dengan jelas
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
Koloid, suspensi, dan larutan
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode : Diskusi
Informasi, Eksperimen, Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi
siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat pengetahuan : klasifikasi materi
4.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang larutan,
koloid, dan suspensi
5.
Motivasi : banyak makanan dan minuman yang
termasuk dalam sistem koloid
|
10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1.
Diskusi dan informasi tentang perbedaan campuran homogen dan heterogen
2.
Mengelompokkan
campuran di atas menjadi larutan, koloid, suspensi
3.
Menjelaskan
cara pembuatan partikel koloid dengan cara informasi dan tanya jawab
Elaborasi
Mengerjakan soal pada modul
Konfirmasi
1. Membahas soal yang telah dikerjakan siswa
2. Mengecek pemahaman siswa
|
70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Memberikan kesimpulan materi yang diajarkan dan mengerjakan soal-soal
latihan
|
10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Alat dan Bahan Praktikum
6.
Software Presentasi Kimia
:\Kingstone Edy\Materi Pembelajaran\Sistem
Koloid
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\
7.
Laptop
dan LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 15
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Larutan
Sejati, Koloid, Dan Suspensi
Kompetensi Dasar : Membedakan Macam Dan Sifat
Koloid
Indikator
1. Pengelompokkan sifat khas koloid
menjadi sifat optik dan elektrik dideskripsikan dengan jelas.
2. Akibat hamburan cahaya terhadap
sifat optik dari koloid dideskripsikan dengan jelas.
3. Adanya efek Tyndal dan gerak Brown sebagai
sifat koloid dijelaskan dengan benar.
4. Sifat kinetik dari koloid
ditunjukkan oleh sifat dari partikel yang selalu bergerak berliku-liku akibat
tumbukkan partikel.
5. Sifat elektrik dari koloid terjadi
dijelaskan sebagai akibat adanya muataan (ion-ion) yang bergerak dalam medan
listrik.
6. Elektroforesis dideskripsikan dengan
jelas.
7. Definisi zat terdispersi dan
zat/medium pendispersi dideskripsikan dengan jelas.
8. Pengelompokkan koloid berdasarkan
wujud zat terdispersi dan pendispersinya dideskripsikan dengan jelas.
9. Pengelompokkan koloid menjadi koloid
liofil dan koloid liofob berdasarkan kekuatan ikatan antara zat terdispersi dan
medium pendispersinya dideskripsikan dengan jelas.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengelompokkan sifat khas koloid menjadi sifat optik dan
elektrik dengan jelas.
2.
Siswa
dapat menjelaskan akibat hamburan cahaya terhadap sifat optik dari koloid
dengan jelas.
3.
Siswa
dapat menjelaskan adanya efek Tyndal dan gerak Brown sebagai sifat koloid
4.
Siswa
dapat menunjukkan sifat kinetik dari koloid oleh sifat dari partikel yang
selalu bergerak berliku-liku akibat tumbukkan partikel.
5.
Siswa
dapat menjelaskan sifat elektrik dari koloid terjadi sebagai akibat adanya
muataan (ion-ion) yang bergerak dalam medan listrik.
6.
Siswa
dapat menjelaskan elektroforesis dengan
jelas.
7.
Siswa
dapat menjelaskan definisi zat terdispersi dan zat/medium pendispersi dengan jelas.
8.
Siswa
dapat menjelaskan pengelompokkan koloid berdasarkan wujud zat terdispersi dan
pendispersinya dengan jelas.
9.
Siswa
dapat menjelaskan pengelompokkan koloid menjadi koloid liofil dan koloid liofob
berdasarkan kekuatan ikatan antara zat terdispersi dan medium pendispersinya
dengan jelas.
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
Macam dan sifat koloid
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode : Diskusi
Informasi dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi
siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat pengetahuan : macam-macam koloid
4.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang koloid
dalam kehidupan sehari-hari
5.
Motivasi : banyak makanan dan minuman yang
termasuk dalam sistem koloid
|
10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1.
Diskusi dan informasi tentang sifat-sifat koloid
2.
Menggali informasi tentang macam-macam koloid berdasarkan
zat terdispersi dan medium pendispersi melalui informasi i dan tanya jawab.
3.
Melakukan
percobaan untuk mengamati sifat emulsi dan gel
4.
Menjelaskan
macam-macam koloid berdasarkan kekuatan ikatan zat terdispersi dan medium pendispersi
melalui informasi dan diskusi
5.
Mengelompokkan
bahan-bahan di alam berdasarkan macam-macam koloid
Elaborasi
Mengerjakan soal pada Modul
Konfirmasi
1.
Mengecek pemahaman siswa
|
70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Memberikan kesimpulan materi yang diajarkan dan mengerjakan soal-soal
latihan selanjutnya
|
10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI / 3
Pertemuan ke : 16 dan 17
Alokasi Waktu : 4 x 45”
Standar Kompetensi : Memahami Larutan Sejati,
Koloid, Dan Suspensi
Kompetensi Dasar : Menerapkan Sistem Koloid
Dalam Kehidupan
Indikator
1. Penggunaan koloid dijelaskan
berdasarkan proses pembentukannya.
2. Penggunaan koloid ditelusuri melalui
pengkajian pustaka.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan penggunaan koloid berdasarkan proses
pembentukannya
2.
Menelusuri penggunaan koloid melalui pengkajian pustaka
II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pembuatan
koloid dan pemurnian koloid
2. Penggunaan
koloid
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode : Diskusi
Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi
siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat pengetahuan : koloid dalam kehidupan
sehari-hari
4.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang kegunaan koloid
dalam kehidupan sehari-hari
5.
Motivasi : banyak makanan dan minuman yang
termasuk dalam sistem koloid
|
10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Menggali informasi tentang pembuatan koloid
2. Menggali informasi tentang pemurnian koloid
3. Menggali informasi tentang penggunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari
Elaborasi
Mengerjakan soal pada Modul
Konfirmasi
Mengecek pemahaman siswa
|
70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Memberikan kesimpulan materi yang diajarkan dan mengerjakan soal-soal
latihan
|
10”
|
Pertemuan
ke 17 : evaluasi / uji kompetensi.
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
VI. PENILAIAN
A. Prosedur
:
1.
Penilaian
hasil belajar
2. Penilaian bersifat individual
3. KKM : 70
4. Bentuk soal : esay
5. Durasi waktu : 45 menit
B.
Instrumen
Penilaian
Butir-butir
soal, kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi,
dan pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Koloid
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar