SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK TAMANSISWA PURWOREJO
STATUS :
TERAKREDITASI
Kompetensi Keahlian :
1.
Teknik
Instalasi Tenaga Listrik
2.
Teknik
Pemeliharaan Mekanik Industri
3.
Teknik
Komputer dan Jaringan
4.
Teknik
Permesinan
Alamat : Jalan Jend. Ahmad Yani No.8 Telp./ Fax
(0275)322590 Purworejo 54171
Kedu – Jawa Tengah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GANJIL
TAHUN 2012/2013
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS : XII
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon
dan Kegunaanya (18
Jam)
2. Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan
Kegunaan Makromolekul
(16 Jam)
GURU MATA
PELAJARAN : Ki Edy Riwayat, S.Si
NUPTK :
-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45”
Standar
Kompetensi : Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Kekhasan Atom Karbon yang Membentuk
Senyawa Hidrokarbon
Indikator
1. Kekhasan atom karbon dideskripsikan dengan
jelas
2. Pengelompokan senyawa karbon
dengan benar
3. Pemberian nama senyawa karbon dengan
benar
4. Sifat fisika senyawa kimia hidrokarbon dideskripsikan
dengan jelas
5. Isomer senyawa hidrokarbon dipahami dan dideskripsikan
dengan jelas
6. Reaksi kimia pada senyawa hidrokarbon dideskripsikan
dengan jelas
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dengan jelas
2.
Mengelompokkan
senyawa karbon dengan
benar
3.
Memberi nama senyawa hidrokarbon dengan benar
4.
Mendeskripsikan sifat fisika senyawa kimia hidrokarbon dengan jelas
5.
Memahami dan menjelaskan tentang isomer senyawa hidrokarbon dengan benar
6. Mendeskripsikan reaksi kimia pada senyawa hidrokarbon dengan jelas
II. MATERI PEMBELAJARAN
Kekhasan atom
karbon dan senyawa hidrokarbon
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi, Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat
pengetahuan : pengertian senyawa karbon
|
2 x 15”
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
1.
Diskusi dan
informasi tentang kekhasan atom karbon
2.
Diskusi dan
informasi tentang definisi senyawa karbon dan hidrokarbon
Elaborasi
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di Modul.
Konfirmasi
1. Menyamakan persepsi tentang kekhasan atom karbon dan definisi senyawa
hidrokarbon
2. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
|
2 x 70”
|
Kegiatan
akhir
|
Memberikan tugas latihan soal dan tugas baca di rumah untuk
pertemuan selanjutnya.
|
2 x 5”
|
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
|
|
|
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 3, 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu : 8 x 45”
Standar
Kompetensi : Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya
Kompetensi Dasar : Menggolongkan Senyawa Hidrokarbon dan Turunannya
Indikator
1. Pengelompokkan
senyawa hidrokarbon ke dalam kelas alifatik (siklik, alisklik) dan aromatik
dideskripsikan dengan benar.
2. Pengertian
senyawa hidrokarbon alifatik sebagai senyawa yang tidak mengandung cincin
benzena dideskripsikan dengan benar.
3. Pengelompokkan
senyawa hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna dideskripsikan
dengan benar.
4. Ciri-ciri
dan rumus umum alkana, alkena, dan alkuna dideskripsikan dengan benar.
5. Pengertian
senyawa hidrokarbon aromatik sebagai senyawa hidrokarbon yang mengandung cincin
benzena dideskripsikan dengan benar.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar
ini, siswa dapat :
1. Mengelompokkan
senyawa hidrokarbon ke dalam kelas alifatik (siklik, alisklik) dan aromatik
dengan benar.
2. Menjelaskan
pengertian senyawa hidrokarbon alifatik sebagai senyawa yang tidak mengandung
cincin benzena dengan benar.
3. Mengelompokkan
senyawa hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna dengan benar.
4. Menjelaskan
ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena, dan alkuna dengan benar.
5. Menjelaskan
pengertian senyawa hidrokarbon aromatik sebagai senyawa hidrokarbon yang
mengandung cincin benzena dideskripsikan dengan benar.
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
Senyawa hidrokarbon
dan Turunannya
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi
dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa
dan presensi siswa
2. Mengemukakan
tujuan belajar
3. Apersepsi: mengingatkan tentang kekhasan hidrokarbon
|
4 x 15”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi :
1.
Diskusi dan
informasi tentang penggolongan senyawa hidrokarbon dan turunannya
2.
Diskusi dan
informasi tentang rumus umum senyawa hidrokarbon dan turunannya
3.
Pengelompokkan
senyawa hidrokarbon berdasarkan turunannya
Elaborasi
:
1.
Mengerjakan soal
latihan
2.
Mengelompokkan
senyawa
karbon berdasarkan turunannya
Konfirmasi :
1.
Menyamakan persepsi
siswa tentang hidrokarbon
dan turunannya
2.
Membahas soal-soal
yang telah diberikan
|
4 x 65”
|
Kegiatan
Akhir
|
Memberikan tugas
latihan soal dan tugas membaca materi selanjutnya
|
4 x 10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi Kimia :\Kingston\Edy\Materi
Pembelajaran\Karbon dan Senyawanya.
6.
Laptop
dan LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
|
|
|
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu : 6 x 45”
Standar
Kompetensi : Mengkomunikasikan Senyawa
Hidrokarbon dan Kegunaannya
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan
Kegunaan Senyawa Hidrokarbon dalam
Kehidupan Manusia
Indikator
1.
Minyak
bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon yang berguna dalam kehidupan manusia
dideskripsikan dengan jelas
2.
Proses
pembentukan minyak bumi sebagai hasil pembusukkan berbagai makhluk hidup yang
terjadi selama jutaan tahun dideskripsikan dengan jelas
3.
Pengelompokkan
kandungan utama minyak bumi sebagai campuran hidrokarbon yang terdiri atas
campuran parafin (alkana), olefin (alkena), nafta (siklo parafin), dan
hidrokarbon aromatik dideskripsikan dengan jelas
4.
Sifat-sifat
fraksi minyak bumi dapat dideskripsikan dengan jelas
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan
minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon yang berguna dalam kehidupan
manusia dengan jelas
2.
Mendeskripsikan
proses pembentukan minyak bumi sebagai hasil pembusukkan berbagai makhluk hidup
yang terjadi selama jutaan tahun dengan jelas
3.
Mendeskripikan
pengelompokkan kandungan utama minyak bumi sebagai campuran hidrokarbon yang
terdiri atas campuran parafin (alkana), olefin (alkena), nafta (siklo parafin),
dan hidrokarbon aromatik dengan jelas
4.
Mendeskripsikan
sifat-sifat fraksi minyak bumi dengan jelas
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
Minyak bumi dan turunannya
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa
dan presensi siswa
2. Mengemukakan
tujuan belajar
3. Apersepsi: mengingatkan tentang pengertian hidrokarbon.
Motivasi: menyajikan beberapa
pertanyaan antara lain : asal
usul terbentuknya minyak bumi
Masalah : hasil pengolahan minyak bumi yang ada
dalam kehidupan sehari-hari
|
2 x 10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi :
1.
Diskusi informasi
tentang minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon dan proses
pembentukannya
2.
Diskusi informasi
tentang kandungan utama minyak bumi
3.
Diskusi dan
informasi mengenai jenis-jenis fraksi minyak bumi yang berguna dalam kehidupan
manusia
Elaborasi :
1.
Mengkomunikasikan
hasil diskusi dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di soal latihan
2.
Mengkaji soal-soal yang telah diberikan
Konfirmasi :
1.
Menyamakan persepsi tentang minyak bumi dan
fraksi-fraksinya
2.
Membahas soal-soal yang telah diberikan
|
2 x
70”
|
Kegiatan
Akhir
|
Memberikan tugas
baca dan latihan soal
|
2 x 10”
|
Pertemuan ke 9 : evaluasi/ uji
kompetensi.
V.
ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi Kimia
6.
Laptop
dan LCD Proyektor
VI.
PENILAIAN
A. Prosedur
:
1. Penilaian hasil belajar
2. Penilaian bersifat individual
3. KKM : 70
4. Bentuk soal : esay
5. Durasi waktu : 45 menit
B.
Instrumen
Penilaian
Butir-butir
soal, kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi,
dan pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Hidrokarbon
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
|
|
|
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 10
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Karbohidrat, Klasifikasi dan Penggunaannya
Indikator
1.
Karbohidrat
dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2.
Penggunaan
karbohidrat dalam kehidupan dideskripsikan dengan benar
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan karbohidrat dan klasifikasinya dengan jelas
2.
Mendeskripsikan penggunaan karbohidrat dalam kehidupan dengan benar
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Karbohidrat
dan klasifikasinya
2.
Aplikasi
karbohidrat
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat pengetahuan : definisi karbohidrat
4.
Motivasi : makanan
yang kita makan harus mengandung karbohidrat untuk sumber energi
5.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang makanan-makanan
yang mengandung karbohidrat
|
10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Diskusi dan informasi tentang
macam-macam karbohidrat
2. Diskusi dan informasi tentang kegunaan
karbohidrat
Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan karbohidrat
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang karbohidrat
|
70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi
tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang lipid
|
10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
|
|
|
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 11
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Lipid, Klasifikasi dan penggunaannya
Indikator
1. Lipid dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2. Penggunaan lipid dalam kehidupan dideskripsikan dengan
jelas
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar
ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan lipid dan klasifikasinya dengan jelas
2.
Mendeskripsikan penggunaan lipid dalam kehidupan dengan jelas
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Lipid dan klasifikasinya
2. Aplikasi lipid
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi
dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Mengingatkan
pembelajaran minggu lalu tentang karbohidrat
4.
Prasyarat pengetahuan : pengertian lipid
5.
Motivasi : makanan
yang kita makan harus mengandung lipid untuk sumber energi cadangan bagi tubuh
6.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang makanan-makanan
yang mengandung lipid
|
10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Diskusi dan informasi tentang
macam-macam lipid
2. Diskusi dan informasi tentang kegunaan
lipid
Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan lipid
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang lipid
|
70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi
tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang protein
|
10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
|
|
|
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 12
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Protein, Klasifikasi dan penggunaannya
Indikator
1. Protein dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2. Penggunaan protein dalam kehidupan dideskripsikan dengan
jelas
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan protein dan klasifikasinya dengan jelas
2.
Mendeskripsikan penggunaan protein dalam kehidupan dengan jelas
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Protein
dan klasifikasinya
2.
Aplikasi
protein
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode : Diskusi
Informasi dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Mengingatkan
pembelajaran minggu lalu tentang lipid
4.
Prasyarat pengetahuan : pengertian protein
5.
Motivasi : makanan
yang kita makan harus mengandung protein untuk zat pembangun, dan pengatur
tubuh
6.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang makanan-makanan
yang mengandung protein
|
10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Diskusi dan informasi tentang
macam-macam protein
2. Diskusi dan informasi tentang kegunaan
protein
Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan protein
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang protein
|
70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi
tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang polimer
|
10”
|
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
|
|
|
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 13, 14, 15, 16, dan 17
Alokasi Waktu : 10 x 45”
Standar
Kompetensi : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Polimer, Klasifikasi dan Penggunaannya
Indikator
1. Polimer dan
klasifikasi dapat dideskripsikan dengan jelas
2. Polimer
sintetis dapat dideskripsikan dengan jelas
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan polimer dan klasifikasi
dengan jelas
2.
Mendeskripsikan polimer sintetis dengan
jelas
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Polimer
dan klasifikasinya
2.
Aplikasi
polimer
3.
Polimer
sintetis
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan
Proses
2.
Metode : Diskusi
Informasi dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.
Prasyarat pengetahuan : pengertian dari polimer
4.
Masalah : menanyakan pada siswa tentang penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari
|
4 x 10”
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Menggali informasi tentang macam-macam polimer
2. Diskusi informasi tentang polimer dan
klasifikasinya
3. Diskusi informasi tentang polimer
sintetis
Elaborasi
1. Mengerjakan soal-soal tentang polimer dan klasifikasinya
2. Mengerjakan soal-soal tentang polimer
sintetis
Konfirmasi
Mengecek pemahaman siswa dengan mengkoreksi hasil pekerjaan siswa
|
4 x 70”
|
Kegiatan
akhir
|
Penutup
Memberikan kesimpulan materi yang diajarkan dan mengerjakan soal-soal
latihan
|
4 x 10”
|
Pertemuan ke 17 : evaluasi / uji kompetensi.
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL
KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi Kimia
:\Kingston\Edy\Materi Pembelajaran\Polimer
6.
Laptop
dan LCD Proyektor
VI.
PENILAIAN
A. Prosedur
:
1. Penilaian hasil belajar
2. Penilaian bersifat individual
3. KKM : 70
4. Bentuk soal : esay
5. Durasi waktu : 45 menit
B.
Instrumen
Penilaian
Butir-butir soal,
kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan
pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Makromolekul & Polimer
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
|
|
|
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar