Kamis, 10 Januari 2013

RPP KIMIA SMK Kelas XII Semester V



SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK TAMANSISWA PURWOREJO

STATUS : TERAKREDITASI
                        Kompetensi Keahlian :

1.      Teknik Instalasi Tenaga Listrik 
2.      Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri
3.      Teknik Komputer dan Jaringan
4.      Teknik Permesinan

Alamat : Jalan Jend. Ahmad Yani No.8 Telp./ Fax (0275)322590 Purworejo 54171
Kedu – Jawa Tengah
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GANJIL
TAHUN 2012/2013






MATA PELAJARAN                                    : KIMIA
KELAS                                               : XII
STANDAR KOMPETENSI              : 1. Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon
                  dan Kegunaanya                                                   (18 Jam)
                                                              2. Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan
                  Kegunaan Makromolekul                                      (16 Jam)
                                                 












GURU MATA PELAJARAN           : Ki Edy Riwayat, S.Si
NUPTK                                               : -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 1 dan 2
Alokasi Waktu                        : 4 x 45”
Standar Kompetensi               : Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya
Kompetensi Dasar                   : Mendeskripsikan Kekhasan Atom Karbon yang Membentuk
                                                  Senyawa Hidrokarbon

Indikator
1.      Kekhasan atom karbon dideskripsikan dengan jelas
2.      Pengelompokan senyawa karbon dengan benar
3.      Pemberian nama senyawa karbon dengan benar
4.      Sifat fisika senyawa kimia hidrokarbon dideskripsikan dengan jelas
5.      Isomer senyawa hidrokarbon dipahami dan dideskripsikan dengan jelas
6.      Reaksi kimia pada senyawa hidrokarbon dideskripsikan dengan jelas

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.      Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dengan jelas
2.      Mengelompokkan senyawa karbon dengan benar
3.      Memberi nama senyawa hidrokarbon dengan benar
4.      Mendeskripsikan sifat fisika senyawa kimia hidrokarbon dengan jelas
5.      Memahami dan menjelaskan tentang isomer senyawa hidrokarbon dengan benar
6.      Mendeskripsikan reaksi kimia pada senyawa hidrokarbon dengan jelas

II.      MATERI PEMBELAJARAN
Kekhasan atom karbon dan senyawa hidrokarbon

III.   PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan     : Pendekatan Proses
2.        Metode           : Diskusi Informasi, Tanya Jawab





IV.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
Waktu
Kegiatan Awal
Pendahuluan
1.      Berdoa dan presensi siswa
2.      Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.      Prasyarat pengetahuan : pengertian senyawa karbon

2 x 15”
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Diskusi dan informasi tentang kekhasan atom karbon
2.      Diskusi dan informasi tentang definisi senyawa karbon dan hidrokarbon
Elaborasi
Menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang ada di Modul.
Konfirmasi
1.       Menyamakan persepsi tentang kekhasan atom karbon dan definisi senyawa hidrokarbon
2.       Membahas soal-soal yang telah diberikan

2 x 70”
Kegiatan akhir
Memberikan tugas latihan soal dan tugas baca di rumah untuk pertemuan selanjutnya.

2 x 5”

V.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      White Board / Black Board
2.      Peralatan Tulis Pendukung
3.      Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.      Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008

Disusun

Diperiksa

Disahkan

 




 

 

Ki Edy Riwayat, S.Si

Nyi Sukesi, S.Pd

Ki Gandung Ngadina, S.Pd

Guru Mata Pelajaran

Wakasek 1

Kepala Sekolah










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 3, 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu                        : 8 x 45”
Standar Kompetensi               : Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya
Kompetensi Dasar                   : Menggolongkan Senyawa Hidrokarbon dan Turunannya

Indikator
1.      Pengelompokkan senyawa hidrokarbon ke dalam kelas alifatik (siklik, alisklik) dan aromatik dideskripsikan dengan benar.
2.      Pengertian senyawa hidrokarbon alifatik sebagai senyawa yang tidak mengandung cincin benzena dideskripsikan dengan benar.
3.      Pengelompokkan senyawa hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna dideskripsikan dengan benar.
4.      Ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena, dan alkuna dideskripsikan dengan benar.
5.      Pengertian senyawa hidrokarbon aromatik sebagai senyawa hidrokarbon yang mengandung cincin benzena dideskripsikan dengan benar.

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.      Mengelompokkan senyawa hidrokarbon ke dalam kelas alifatik (siklik, alisklik) dan aromatik dengan benar.
2.      Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon alifatik sebagai senyawa yang tidak mengandung cincin benzena dengan benar.
3.      Mengelompokkan senyawa hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna dengan benar.
4.      Menjelaskan ciri-ciri dan rumus umum alkana, alkena, dan alkuna dengan benar.
5.      Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon aromatik sebagai senyawa hidrokarbon yang mengandung cincin benzena dideskripsikan dengan benar.

II.     MATERI PEMBELAJARAN
Senyawa hidrokarbon dan Turunannya

III.     PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan       : Pendekatan Proses
2.        Metode              : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
Waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.     Berdoa dan presensi siswa
2.     Mengemukakan tujuan belajar
3.     Apersepsi: mengingatkan  tentang kekhasan hidrokarbon

4 x 15”
Kegiatan inti
Eksplorasi :
1.    Diskusi dan informasi tentang penggolongan senyawa hidrokarbon dan turunannya
2.    Diskusi dan informasi tentang rumus umum senyawa hidrokarbon dan turunannya
3.    Pengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan turunannya
Elaborasi :
1.     Mengerjakan soal latihan
2.     Mengelompokkan senyawa
karbon berdasarkan turunannya
Konfirmasi :
1.    Menyamakan persepsi siswa tentang hidrokarbon dan turunannya
2.    Membahas soal-soal yang telah diberikan

4 x 65”
Kegiatan Akhir
Memberikan tugas latihan soal dan tugas membaca materi selanjutnya

4 x 10”

V.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      White Board / Black Board
2.      Peralatan Tulis Pendukung
3.      Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.      Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.      Software Presentasi Kimia :\Kingston\Edy\Materi Pembelajaran\Karbon dan Senyawanya.
6.      Laptop dan LCD Proyektor

Disusun

Diperiksa

Disahkan

 




 

 

Ki Edy Riwayat, S.Si

Nyi Sukesi, S.Pd

Ki Gandung Ngadina, S.Pd

Guru Mata Pelajaran

Wakasek 1

Kepala Sekolah


                  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu                        : 6 x 45”
Standar Kompetensi               : Mengkomunikasikan Senyawa Hidrokarbon dan Kegunaannya
Kompetensi Dasar                   : Mendeskripsikan Kegunaan Senyawa Hidrokarbon dalam
                                                  Kehidupan Manusia
                                                                                 
Indikator
1.        Minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon yang berguna dalam kehidupan manusia dideskripsikan dengan jelas
2.        Proses pembentukan minyak bumi sebagai hasil pembusukkan berbagai makhluk hidup yang terjadi selama jutaan tahun dideskripsikan dengan jelas
3.        Pengelompokkan kandungan utama minyak bumi sebagai campuran hidrokarbon yang terdiri atas campuran parafin (alkana), olefin (alkena), nafta (siklo parafin), dan hidrokarbon aromatik dideskripsikan dengan jelas
4.        Sifat-sifat fraksi minyak bumi dapat dideskripsikan dengan jelas

I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.        Mendeskripsikan minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon yang berguna dalam kehidupan manusia dengan jelas
2.        Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi sebagai hasil pembusukkan berbagai makhluk hidup yang terjadi selama jutaan tahun dengan jelas
3.        Mendeskripikan pengelompokkan kandungan utama minyak bumi sebagai campuran hidrokarbon yang terdiri atas campuran parafin (alkana), olefin (alkena), nafta (siklo parafin), dan hidrokarbon aromatik dengan jelas
4.        Mendeskripsikan sifat-sifat fraksi minyak bumi dengan jelas

II.      MATERI PEMBELAJARAN
Minyak bumi dan turunannya

III.   PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan      : Pendekatan Proses
2.        Metode            : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab


IV.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
Waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Mengemukakan tujuan belajar
3.    Apersepsi: mengingatkan  tentang pengertian hidrokarbon.
Motivasi: menyajikan beberapa pertanyaan antara lain : asal usul terbentuknya minyak bumi
Masalah : hasil pengolahan minyak bumi yang ada dalam kehidupan sehari-hari

2 x 10
Kegiatan inti
Eksplorasi :
1.    Diskusi informasi tentang minyak bumi sebagai sumber senyawa hidrokarbon dan proses pembentukannya
2.    Diskusi informasi tentang kandungan utama minyak bumi
3.    Diskusi dan informasi mengenai jenis-jenis fraksi minyak bumi yang berguna dalam kehidupan manusia
Elaborasi :
1.    Mengkomunikasikan hasil diskusi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di soal latihan
2.    Mengkaji soal-soal yang  telah diberikan
Konfirmasi :
1.    Menyamakan persepsi tentang minyak bumi dan fraksi-fraksinya
2.    Membahas soal-soal yang telah diberikan

2 x 70
Kegiatan Akhir
Memberikan tugas baca dan latihan soal

2 x 10”

Pertemuan ke 9 : evaluasi/ uji kompetensi.

V.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      White Board / Black Board
2.      Peralatan Tulis Pendukung
3.      Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.      Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.        Software Presentasi Kimia

6.        Laptop dan LCD Proyektor


VI.   PENILAIAN
A.      Prosedur :
1.    Penilaian hasil belajar
2.    Penilaian bersifat individual
3.    KKM : 70
4.    Bentuk soal : esay
5.    Durasi waktu : 45 menit

B.       Instrumen Penilaian
Butir-butir soal, kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Hidrokarbon

Disusun

Diperiksa

Disahkan

 




 

 

Ki Edy Riwayat, S.Si

Nyi Sukesi, S.Pd

Ki Gandung Ngadina, S.Pd

Guru Mata Pelajaran

Wakasek 1

Kepala Sekolah


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 10
Alokasi Waktu                        : 2 x 45”
Standar Kompetensi               : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar                   : Menjelaskan Karbohidrat, Klasifikasi dan Penggunaannya

Indikator
1.        Karbohidrat dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2.        Penggunaan karbohidrat dalam kehidupan dideskripsikan dengan benar

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.        Mendeskripsikan karbohidrat dan klasifikasinya dengan jelas
2.        Mendeskripsikan penggunaan karbohidrat dalam kehidupan dengan benar

II.     MATERI PEMBELAJARAN
1.        Karbohidrat dan klasifikasinya
2.        Aplikasi karbohidrat

III.     PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan     : Pendekatan Proses
2.        Metode           : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.    Prasyarat pengetahuan : definisi karbohidrat
4.    Motivasi : makanan yang kita makan harus mengandung karbohidrat untuk sumber energi
5.    Masalah : menanyakan pada siswa tentang  makanan-makanan yang mengandung karbohidrat

10”
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Diskusi dan informasi tentang macam-macam karbohidrat
2.      Diskusi dan informasi tentang kegunaan karbohidrat

Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan karbohidrat
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang karbohidrat

70”
Kegiatan akhir
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang lipid

10”

V.     ALAT DAN  SUMBER BELAJAR
1.      White Board / Black Board
2.      Peralatan Tulis Pendukung
3.      Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.      Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008

Disusun

Diperiksa

Disahkan

 




 

 

Ki Edy Riwayat, S.Si

Nyi Sukesi, S.Pd

Ki Gandung Ngadina, S.Pd

Guru Mata Pelajaran

Wakasek 1

Kepala Sekolah












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 11
Alokasi Waktu                        : 2 x 45”
Standar Kompetensi               : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar                   : Menjelaskan Lipid, Klasifikasi dan penggunaannya

Indikator
1.      Lipid dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2.      Penggunaan lipid dalam kehidupan dideskripsikan dengan jelas

I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.        Mendeskripsikan lipid dan klasifikasinya dengan jelas
2.        Mendeskripsikan penggunaan lipid dalam kehidupan dengan jelas

II.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Lipid dan klasifikasinya
2.      Aplikasi lipid

III.   PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan     : Pendekatan Proses
2.        Metode           : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
Waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.    Mengingatkan pembelajaran minggu lalu tentang karbohidrat
4.    Prasyarat pengetahuan : pengertian lipid
5.    Motivasi : makanan yang kita makan harus mengandung lipid untuk sumber energi cadangan bagi tubuh
6.    Masalah : menanyakan pada siswa tentang  makanan-makanan yang mengandung lipid

10”
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Diskusi dan informasi tentang macam-macam lipid
2.      Diskusi dan informasi tentang kegunaan lipid
Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan lipid
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang lipid

70”
Kegiatan akhir
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang protein

10”

V.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      White Board / Black Board
2.      Peralatan Tulis Pendukung
3.      Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.      Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008

Disusun

Diperiksa

Disahkan

 




 

 

Ki Edy Riwayat, S.Si

Nyi Sukesi, S.Pd

Ki Gandung Ngadina, S.Pd

Guru Mata Pelajaran

Wakasek 1

Kepala Sekolah





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                          : 12
Alokasi Waktu                        : 2 x 45”
Standar Kompetensi               : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar                   : Menjelaskan Protein, Klasifikasi dan penggunaannya

Indikator
1.      Protein dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2.      Penggunaan protein dalam kehidupan dideskripsikan dengan jelas

I.              TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.         Mendeskripsikan protein dan klasifikasinya dengan jelas
2.         Mendeskripsikan penggunaan protein dalam kehidupan dengan jelas

II.           MATERI PEMBELAJARAN
1.         Protein dan klasifikasinya
2.         Aplikasi protein

III.        PENDEKATAN DAN METODE
1.         Pendekatan               : Pendekatan Proses
2.         Metode                     : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.    Mengingatkan pembelajaran minggu lalu tentang lipid
4.    Prasyarat pengetahuan : pengertian protein
5.    Motivasi : makanan yang kita makan harus mengandung protein untuk zat pembangun, dan pengatur tubuh
6.    Masalah : menanyakan pada siswa tentang  makanan-makanan yang mengandung protein

10”
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Diskusi dan informasi tentang macam-macam protein
2.      Diskusi dan informasi tentang kegunaan protein
Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan protein
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang protein

70”
Kegiatan akhir
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang polimer

 10”


V.           ALAT DAN  SUMBER BELAJAR
1.      White Board / Black Board
2.      Peralatan Tulis Pendukung
3.      Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.      Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008

Disusun

Diperiksa

Disahkan

 




 

 

Ki Edy Riwayat, S.Si

Nyi Sukesi, S.Pd

Ki Gandung Ngadina, S.Pd

Guru Mata Pelajaran

Wakasek 1

Kepala Sekolah






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 13, 14, 15, 16, dan 17
Alokasi Waktu                        : 10 x 45”
Standar Kompetensi               : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar                   : Menjelaskan Polimer, Klasifikasi dan Penggunaannya        

Indikator
1.      Polimer dan klasifikasi dapat dideskripsikan dengan jelas
2.      Polimer sintetis dapat dideskripsikan dengan jelas

I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.        Mendeskripsikan polimer dan klasifikasi dengan jelas
2.        Mendeskripsikan polimer sintetis dengan jelas

II.      MATERI PEMBELAJARAN
1.        Polimer dan klasifikasinya
2.        Aplikasi polimer
3.        Polimer sintetis

III.   PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan      : Pendekatan Proses
2.        Metode            : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
Waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.    Prasyarat pengetahuan : pengertian dari polimer
4.    Masalah : menanyakan pada siswa tentang penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari
4 x 10”
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.    Menggali informasi tentang macam-macam polimer
2.    Diskusi informasi tentang polimer dan klasifikasinya
3.    Diskusi informasi tentang polimer sintetis


Elaborasi
1.    Mengerjakan soal-soal tentang polimer dan klasifikasinya
2.    Mengerjakan soal-soal tentang polimer sintetis
Konfirmasi
Mengecek pemahaman siswa dengan mengkoreksi hasil pekerjaan siswa
4 x 70”
Kegiatan akhir
Penutup
Memberikan kesimpulan materi yang diajarkan dan mengerjakan soal-soal latihan
4 x 10”
 

Pertemuan ke 17 : evaluasi / uji kompetensi.

V.      ALAT DAN  SUMBER BELAJAR
1.      White Board / Black Board
2.      Peralatan Tulis Pendukung
3.      Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.      Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.        Software Presentasi Kimia
:\Kingston\Edy\Materi Pembelajaran\Polimer
6.        Laptop dan LCD Proyektor

VI.   PENILAIAN
A.       Prosedur :
1.    Penilaian hasil belajar
2.    Penilaian bersifat individual
3.    KKM : 70
4.    Bentuk soal : esay
5.    Durasi waktu : 45 menit
B.       Instrumen Penilaian
Butir-butir soal, kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan pengayaan terlampir dalam form tersendiri
            :\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Makromolekul & Polimer

Disusun

Diperiksa

Disahkan

 




 

 

Ki Edy Riwayat, S.Si

Nyi Sukesi, S.Pd

Ki Gandung Ngadina, S.Pd

Guru Mata Pelajaran

Wakasek 1

Kepala Sekolah


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar