SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK TAMANSISWA PURWOREJO
STATUS : TERAKREDITASI
Kompetensi
Keahlian :
1. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
2. Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri
3. Teknik Komputer dan Jaringan
4. Teknik Permesinan
Alamat : Jalan Jend. Ahmad Yani No.8 Telp./ Fax (0275)
322590 Purworejo 54171
Kedu – Jawa Tengah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GENAP
TAHUN 2011/2012
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS : XI
STANDAR KOMPETENSI : 1. Menentukan Perubahan Entalpi Berdasarkan
Konsep Termokimia (10 Jam)
2. Mengidentifikasi Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Laju Reaksi
(10 Jam)
3. Memahami Konsep Kesetimbangan
Reaksi (14 jam)
GURU MATA PELAJARAN : Ki Edy Riwayat, S.Si
NUPTK : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Menentukan Perubahan Entalpi Berdasarkan
Konsep Termokimia
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Entalpi dan Perubahan Entalpi
Indikator :
1.
Hukum
kekekalan energi dideskripsikan dengan benar
2.
Pengertian
sistem dan lingkungan dideskripsikan dengan jelas
3.
Pengelompokkan
sistem ke dalam sistem tertutup, sistem terbuka, dan terisolasi dideskripsikan
dengan benar
4.
Pengelompokkan reaksi kimia menjadi reaksi eksoterm dan
endoterm berdasarkan panas yang dihasilkannya dideskripsikan dengan benar
5.
Pengertian entalpi (H) sebagai jumlah kalor yang masuk
atau keluar dari sistem pada tekanan tetap dideskripsikan dengan benar.
6.
Pengertian perubahan entalpi (ΔH) dideskripsikan dengan benar.
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikian
hukum kekekalan energi dengan benar
2.
Mendeskripsikan
pengertian sistem dan lingkungan dengan jelas
3.
Mengelompokkan
sistem ke dalam sistem tertutup, sistem terbuka, dan terisolasi dengan benar
4.
Mengelompokkan
reaksi kimia menjadi reaksi eksoterm dan endoterm berdasarkan panas yang
dihasilkannya dengan benar
5.
Mendeskripsikan
pengertian entalpi (H) sebagai jumlah kalor yang masuk atau keluar dari
sistem pada tekanan tetap dengan benar.
6.
Mendeskripsikan
pengertian perubahan entalpi (ΔH)
dengan benar.
II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Hukum kekekalan energi
2. Sistem dan lingkungan
3. Reaksi eksotermis dan endodermis
4. Perubahan entalpi
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa kemudian salam dan presensi siswa
2. Guru
menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
melalui pembelajaran hari ini
3. Prasyarat pengetahuan : pengertian energi
4. Motivasi : dengan mencontohkan berbagai macam energi dalam kehidupan.
5. Masalah : menanyakan
pada siswa tentang perubahan energi
6. Mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar dan
tujuan
|
15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Mendengarkan informasi tentang hukum kekekalan
energi
2. Mendengarkan tentang sistem dan lingkungan.
3. Membedakan sistem tertutup, terbuka dan terisolasi
4. Mengelompokkan reaksi kimia
menjadi reaksi eksoterm dan endoterm berdasarkan panas yang dihasilkan
5. Diskusi dan informasi
tentang entalpi sebagai jumlah kalor yang masuk atau keluar pada sistem pada
tekanan tetap
6. Diskusi dan informasi tentang perubahan entalpi (∆H)
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Memberikan
kesempatan siswa mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan tujuan
pembelajaran
3.
Memberikan kesempatan
pada siswa untuk berkolaborasi dengan teman lain dalam belajar
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa penguatan
pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
2. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
3. Guru menyampaikan rencana kegiatan
pembelajaran pertemuan selanjutnya
4. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
5”
|
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 2 dan 3
Alokasi Waktu :
4 x 45”
Standar
Kompetensi : Menentukan Perubahan Entalpi Berdasarkan
Konsep Termokimia
Kompetensi Dasar : Menentukan Perubahan Entalpi Reaksi
Indikator :
1.
Hukum Hess
dideskripsikan dengan jelas
2.
Perubahan
entalpi reaksi yang dihitung sebagai selisih entalpi produk dan reaktan
dideskripsikan dengan benar
3.
Besarnya
perubahan entalpi reaksi berdasarkan hasil percobaan dihitung dengan benar
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendekripsikan
hukum Hess dengan jelas
2.
Mendeskripsikan
perubahan entalpi reaksi yang dihitung sebagai selisih entalpi produk dan
reaktan dengan benar
3.
Menghitung
besarnya perubahan entalpi reaksi berdasarkan hasil percobaan dengan benar
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Hukum
Hess
2.
Perhitungan
perubahan entalpi
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa kemudian
salam dan presensi siswa
2. Guru
menumbuhkan rasa ingin tahu dengan
menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
melalui pembelajaran hari ini
3. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hukum Hess dan entalpi reaksi
4. Mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar dan
tujuan
|
2 x 15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Mendengarkan informasi tentang hukum Hess
2. Diskusi dan informasi
tentang perubahan entalpi reaksi yang dapat dihitung sebagai selisih produk
dan reaktan
3. Siswa bekerjasama dalam
menghitung besarnya entalpi reaksi
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Memberikan
kesempatan siswa mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan tujuan
pembelajaran
3.
Memberikan
kesempatan pada siswa untuk berkolaborasi dengan teman lain dalam belajar
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa
penguatan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
2 x 70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Guru melakukan penilaian akhir terhadap
materi yang telah diajarkan
2. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
3. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
4. Guru menyampaikan rencana kegiatan
pembelajaran pertemuan selanjutnya
5. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
2 x 5”
|
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke :
4 dan 5
Alokasi Waktu : 2 x 45”
Standar
Kompetensi : Menentukan Perubahan Entalpi Berdasarkan
Konsep Termokimia
Kompetensi Dasar :
Menentukan Kalor Pembakaran Berbagai
Bahan Bakar
Indikator :
1.
Pengertian
kalor pembakaran sebagai kalor yang dilepaskan jika 1 mol bahan bakar dibakar
dideskripsikan dengan jelas
2.
Percobaan
tentang kalor pembakaran berbagai bahan bakar dilakukan dengan benar
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan
pengertian kalor pembakaran sebagai kalor yang dilepaskan jika 1 mol bahan
bakar dibakar dengan jelas
2.
Melakukan
percobaan tentang kalor pembakaran berbagai bahan bakar dengan benar
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Deskripsi
kalor pembakaran
2.
Mengenal
bahan bakar dan kalor pembakarannya
3.
Aplikasi
kalor pembakaran dari bahan bakar
III. PENDEKATAN DAN METODE
5.
Pendekatan : Pendekatan Proses
6.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa kemudian
salam dan presensi siswa
2.
Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3. Prasyarat pengetahuan : pengertian kalor
4. Motivasi : dengan mencontohkan berbagai
macam kalor dalam kehidupan sehari-hari
5. Mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar dan
tujuan
|
15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Mendengarkan informasi tentang pengertian kalor
pembakaran
2. Diskusi dan informasi tentang kalor pembakaran berbagai bahan
bakar
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Memberikan
kesempatan siswa mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan tujuan
pembelajaran
3.
Memberikan
kesempatan pada siswa untuk berkolaborasi dengan teman lain dalam belajar
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa
penguatan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
2. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
3. Guru memberikan catatan-catatan penting
mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa
4. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
5”
|
Pertemuan ke 5 : evaluasi/ uji kompetensi.
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
VI. PENILAIAN
A.
Prosedur :
1. Penilaian hasil belajar
2. Penilaian bersifat individual
3. KKM : 70
4. Bentuk soal : esay
5. Durasi waktu : 45 menit
B. Instrumen Penilaian
Butir-butir soal, kunci
jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan
pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Termokimia
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 6 dan 7
Alokasi Waktu :
4 x 45”
Standar
Kompetensi : Mengidentifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Laju Reaksi
Kompetensi Dasar :
Menentukan Laju Reaksi dan Orde
Reaksi
Indikator :
1.
Definisi laju reaksi sebagai perubahan konsentrasi
reaktan atau produk terhadap perubahan waktu dideskripsikan dengan benar.
2.
Pengertian tetapan laju reaksi sebagai perbandingan
laju reaksi terhadap perubahan konsentrasi reaktan dideskripsikan dengan benar.
3.
Hukum laju reaksi sebagai hubungan antara laju reaksi,
tetapan laju reaksi, dan konsentrasi yang dipangkatkan dengan bilangan
eksponensial yang disebut orde reaksi ( V = K [X]a [Y]b )
dideskripsikan dengan benar.
4.
Penentuan orde reaksi dan tetapan laju reaksi
berdasarkan data konsentrasi reaktan dan laju reaksi dijelaskan dengan benar.
5.
Orde reaksi ditunjukkan dengan melihat bentuk grafik
laju reaksi terhadap konsentrasi.
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Menjelaskan definisi laju reaksi sebagai perubahan
konsentrasi reaktan atau produk terhadap perubahan waktu dengan benar.
2.
Menjelaskan pengertian tetapan laju reaksi sebagai
perbandingan laju reaksi terhadap perubahan konsentrasi reaktan dengan benar.
3.
Menjelaskan hukum laju reaksi sebagai hubungan antara
laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan konsentrasi yang dipangkatkan dengan
bilangan eksponensial yang disebut orde reaksi ( V = K [X]a [Y]b )
dengan benar.
4.
Menjelaskan penentuan orde reaksi dan tetapan laju
reaksi berdasarkan data konsentrasi reaktan dan laju reaksi dengan benar.
5.
Menjelaskan orde reaksi dengan melihat bentuk grafik
laju reaksi terhadap konsentrasi dengan benar.
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Laju
reaksi dan tetapan laju reaksi
2.
Orde
reaksi
3.
Teori
tumbukan dan energi aktivasi
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa
kemudian salam dan
presensi siswa
2. Guru
menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
melalui pembelajaran hari ini
3. Prasyarat pengetahuan : kemolaran
4. Mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar dan
tujuan
|
2 x 15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Diskusi dan informasi
tentang pengertian laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan hukum laju reaksi
2. Siswa bekerjasama
menganalisis data konsentrasi dan laju reaksi untuk menentukan orde reaksi
dan tetapan laju reaksi
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Siswa membuat grafik laju reaksi dan konsentrasi dari data
yang diketahui
3.
Siswa dengan menghitung
laju reaksi, orde reaksi, dan tetapan laju reaksi dari data yang diberikan
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa penguatan
pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
2 x 70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Guru memberikan umpan balik atas materi
yang telah diajarkan
2. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
3. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
4. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
2 x 5”
|
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi
Kimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Laju Reaksi
6.
Laptop dan
LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 8, 9
Alokasi Waktu :
4 x 45”
Standar
Kompetensi : Mengidentifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Laju Reaksi
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju
Reaksi
Indikator :
1.
Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi ditunjukkan
melalui percobaan.
2.
Pengaruh berbagai faktor diantaranya perubahan
konsentrasi, katalis, luas permukaan, dan temperatur terhadap laju reaksi
dijelaskan dengan benar.
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Melakukan percobaan mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dengan benar.
2.
Menjelaskan pengaruh berbagai faktor diantaranya
perubahan konsentrasi, katalis, luas permukaan, dan temperatur terhadap laju
reaksi dengan benar.
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
Faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi : konsentrasi, suhu, luas permukaan, dan
katalisator
III.
PENDEKATAN
DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa
kemudian salam dan
presensi siswa
2. Guru memberikan pertanyaan berkaitan
dengan pertemuan sebelumnya yaitu tentang pengertian laju reaksi, menentukan
orde reaksi dan tetapan laju reaksi
3. Siswa memberikan jawaban atas pertanyaan
yang diberikan berkaitan pertemuan sebbelumnya
4. Prasyarat pengetahuan : pengertian laju reaksi
5. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
|
2 x 15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Diskusi dan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi
2. Diskusi dan informasi tentang
pengaruh berbagai faktor terhadap laju reaksi
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Memberikan
kesempatan siswa mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan tujuan
pembelajaran
3.
Memberikan kesempatan
pada siswa untuk berkolaborasi dengan teman lain dalam belajar
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa
penguatan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
2 x 70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
2. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
3. Guru menyampaikan rencana kegiatan
pembelajaran pertemuan selanjutnya
4. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
2 x 5”
|
Pertemuan ke 10 : evaluasi/ uji kompetensi.
V.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi Kimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Laju Reaksi Suhu
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Laju Reaksi Luas Permukaan
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Laju Reaksi Katalis
6.
Laptop dan
LCD Proyektor
VI.
PENILAIAN
A.
Prosedur :
1.
Penilaian
hasil belajar
2.
Penilaian
bersifat individual
3.
KKM :
70
4.
Bentuk
soal : esay
5.
Durasi
waktu : 45 menit
B. Instrumen Penilaian
Butir-butir soal, kunci
jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan
pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone Edy\Soal Ulangan\UH Laju Reaksi
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 11
Alokasi Waktu :
2 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep Kesetimbangan Reaksi
Kompetensi Dasar : Menguasai Reaksi Kesetimbangan
Indikator :
1.
Pengelompokkan
reaksi kimia menjadi reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan dijelaskan dengan benar.
2.
Kesetimbangan
kimia sebagai kondisi yang dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua arah
yang berlawanan adalah sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap dideskripsikan dengan benar.
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengelompokkan reaksi kimia menjadi reaksi
berkesudahan dan reaksi kesetimbangan dengan benar.
2.
Menjelaskan kesetimbangan kimia sebagai kondisi yang
dicapai suatu reaksi jika laju reaksi dalam dua arah yang berlawanan adalah
sama, dan konsentrasi reaktan serta produk tetap dengan benar.
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Kesetimbangan
reaksi
2.
Pengertian
dan prinsip kesetimbangan reaksi
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa
kemudian salam dan
presensi siswa
2. Guru
menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
melalui pembelajaran hari ini
3. Prasyarat pengetahuan : reaksi kimia
4. Mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar dan
tujuan
|
15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Siswa mengamati dan
menyimpulkan reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan
2. Bekerjasama mengelompokkan
reaksi berkesudahan dan reaksi kesetimbangan
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Memberikan
kesempatan siswa mengerjakan soal-soal reaksi kesetimbangan
3.
Memberikan
kesempatan pada siswa untuk berkolaborasi dengan teman lain dalam belajar
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa
penguatan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
2. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
3. Guru memberikan catatan-catatan penting
mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa
4. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
5”
|
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi
Kimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Kesetimbangan Reaksi
6.
Laptop dan
LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 12 dan 13
Alokasi Waktu :
4 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep Kesetimbangan Reaksi
Kompetensi Dasar : Menguasai Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pergeseran Kesetimbangan
Indikator :
1.
Terjadinya perubahan atau pergeseran kesetimbangan
sebagai akibat adanya aksi pada reaksi kesetimbangan (asas Le Chatelier) yang
cenderung akan mengurangi aksi tersebut dideskripsikan dengan benar.
2.
Pengaruh berbagai faktor, diantaranya perubahan
konsentrasi, volume, dan tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan
dideskripsikan dengan benar.
3.
Pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan
kesetimbangan dideskripsikan dengan benar.
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
2.
Menjelaskan terjadinya perubahan atau pergeseran
kesetimbangan sebagai akibat adanya aksi pada reaksi kesetimbangan (asas Le
Chatelier) yang cenderung akan mengurangi aksi tersebut dengan benar.
3.
Menjelaskan pengaruh berbagai faktor, diantaranya
perubahan konsentrasi, volume, dan tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan
dengan benar.
4.
Menjelaskan pengaruh perubahan temperatur terhadap
nilai tetapan kesetimbangan dengan benar.
II. MATERI PEMBELAJARAN
Faktor-faktor
yang mempengaruhi kesetimbangan reaksi
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa
kemudian salam dan
presensi siswa
2. Menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan
tujuan pembelajaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan
3. Prasyarat pengetahuan : reaksi kesetimbangan
4. Mengkomunikasikan cakupan materi secara garis besar mengenai faktor-faktor
yang mempengaruhi kesetimbangan
|
2 x 15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Diskusi dan informasi tentang reaksi
kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
2. Menjelaskan prinsip asas Le
Chatelier melalui contoh-contoh
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Siswa berlatih menentukan
pergeseran kesetimbangan setelah terjadinya reaksi secara teliti
3.
Memberikan kesempatan
pada siswa untuk berkolaborasi dengan teman lain dalam belajar
4.
Siswa
menghubungkan perubahan tetapan kesetimbangan dengan temperatur
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa
penguatan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
2 x 70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
2. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
3. Guru memberikan catatan-catatan penting
mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa
4. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
2 x 5”
|
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
5.
Software Presentasi Kimia
:\Kingstone Edy\Materi
Pembelajaran\Kesetimbangan Reaksi Suhu
6.
Laptop dan
LCD Proyektor
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah :
SMK TKM Teknik Purworejo
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / Genap
Pertemuan ke : 14,
15, 16, 17
Alokasi Waktu :
8 x 45”
Standar
Kompetensi : Memahami Konsep Kesetimbangan Reaksi
Kompetensi Dasar : Menentukan Hubungan Kuantitatif Antara Pereaksi
dan
Hasil Reaksi dari Suatu Reaksi Kesetimbangan
Indikator :
1.
Pengertian tetapan kesetimbangan (Kc) sebagai
perbandingan konsentrasi reaktan dan produk suatu reaksi kesetimbangan yang
memiliki harga tetap pada kondisi kesetimbangan dan temperatur tertentu (Hukum
Aksi Massa) dideskripsikan dengan benar.
2.
Konversi Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal
dideskripsikan dengan benar.
3.
Pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen
berdasarkan fasa seluruh spesi yang bereaksi (produk dan reaktan)
dideskripsikan dengan benar.
4.
Perhitungan konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu
campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya
dilakukan dengan benar.
Nilai dan materi yang diintegrasikan : Mandiri, kreatif, rasa ingin
tahu, jujur, kerja keras, kerjasama,
komunikatif
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian tetapan kesetimbangan (Kc)
sebagai perbandingan konsentrasi reaktan dan produk suatu reaksi kesetimbangan
yang memiliki harga tetap pada kondisi kesetimbangan dan temperatur tertentu
(Hukum Aksi Massa) dengan benar.
2.
Menjelaskan konversi Kc menjadi Kp berdasarkan
persamaan gas ideal dengan benar.
3.
Menjelaskan pengertian kesetimbangan homogen dan
heterogen berdasarkan fasa seluruh spesi yang bereaksi (produk dan reaktan)
dengan benar.
4.
Melakukan perhitungan konsentrasi reaktan dan produk
dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta
kesetimbangannya dengan benar.
II. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Tetapan
kesetimbangan (Kc dan Kp)
2.
Penerapan
kesetimbangan reaksi
III. PENDEKATAN DAN METODE
1.
Pendekatan : Pendekatan Proses
2.
Metode :
Diskusi Informasi dan Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1. Berdoa
kemudian salam dan
presensi siswa
2. Menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dengan menyampaikan tujuan
pembelajaran tentang tetapan kesetimbangan
3. Prasyarat pengetahuan : reaksi kesetimbangan
4. Menyampaikan cakupan
materi secara garis besar tentang menentukan tetapan kesetimbangan
|
3 x 15”
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Diskusi dan informasi
tentang pengertian Kc dan Kp serta hubungan
antara keduanya
2. Diskusi dan informasi
tentang kesetimbangan homogen dan heterogen
3. Diskusi dan informasi
tentang korelasi Kc dan Kp berdasarkan persamaan gas ideal
Elaborasi
1.
Memberikan
kesempatan siswa untuk mengemukakan ide dan hasil pekerjaannya
2.
Memfasilitasi
siswa dalam melakukan diskusi kelas
3.
Memberikan
kesempatan siswa latihan soal menentukan Kc dan Kp suatu kesetimbangan
4.
Memberikan kesempatan
pada siswa untuk berkolaborasi dengan teman lain dalam belajar
Konfirmasi
1. Membahas
soal-soal yang telah diberikan
2. Memberikan motivasi kepada siswa yang
belum bisa menyelesaikan tugasnya
3. Memberikan tanggapan positif berupa
penguatan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
|
3 x 70”
|
Kegiatan akhir
|
1. Bersama siswa merumuskan kesimpulan
materi
2. Guru memberikan penugasan secara individu berupa soal-soal untuk
dikerjakan dirumah
3. Guru memberikan catatan-catatan penting
mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa
4. Mengingatkan siswa untuk menyiapkan uji
kompetensi pada pertemuan berikutnya
5. Mengakhiri pertemuan dengan salam
penutup
|
3 x 5”
|
Pertemuan ke 17 : evaluasi/ uji kompetensi.
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
White Board / Black Board
2.
Peralatan Tulis Pendukung
3.
Adi subiantoto,S.T, Panduan KIMIA Praktis SMA,
Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2008
4.
Budiman Anwar, Panduan Jitu Lulus UJIAN NASIONAL KIMIA
SMA/MA, Yrama Widya, Bandung, 2008
VI. PENILAIAN
A.
Prosedur :
1.
Penilaian
hasil belajar
2.
Penilaian
bersifat individual
3.
KKM :
70
4.
Bentuk
soal : esay
5.
Durasi
waktu : 45 menit
B. Instrumen Penilaian
Kisi-kisi, butir-butir soal,
kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan
pengayaan terlampir dalam form tersendiri
:\Kingstone
Edy\Soal Ulangan\UH Kesetimbangan Reaksi
Disusun |
Diperiksa |
Disahkan |
Ki Edy Riwayat, S.Si |
Nyi Sukesi, S.Pd |
Ki Gandung Ngadina, S.Pd |
Guru Mata Pelajaran |
Wakasek 1 |
Kepala Sekolah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar